Pages

Senin, 14 November 2011

Analisa Masalah

DEFORESTATION


Deforestation adalah penghilangan hutan yang kemudian berubah menjadi hal lain yang bukan hutan. Contoh dari Deforestation adalah meliputi pengalihgunaan dari hutan menjadi sawah, peternakan, dan tempat tinggal penduduk.

Penebangan hutan secara liar di Indonesia telah menimbulkan dampak ekologi yang sangat besar bagi Indonesia dan dunia. Indonesia memiliki 10% hutan tropis dunia yang masih tersisa. Hutan Indonesia memiliki 12% dari jumlah spesies binatang menyusui atau mamalia, pemilik 16% spesies binatang reptil dan amphibi, 1.519 spesies burung dan 25% dari spesies ikan dunia. Sebagian diantaranya adalah endemik atau hanya dapat ditemui di daerah tersebut. Luas hutan alam asli Indonesia menyusut dengan kecepatan yang sangat mengkhawatirkan. Hingga saat ini, Indonesia telah kehilangan hutan aslinya sebesar 72%. Penebangan hutan Indonesia yang tidak terkendali selama puluhan tahun dan menyebabkan terjadinya penyusutan hutan tropis secara besar-besaran. Laju kerusakan hutan periode 1985-1997 tercatat 1,6 juta hektare per tahun, sedangkan pada periode 1997-2000 menjadi 3,8 juta hektare per tahun. Ini menjadikan Indonesia merupakan salah satu tempat dengan tingkat kerusakan hutan tertinggi di dunia. Di Indonesia berdasarkan hasil penafsiran citra landsat tahun 2000 terdapat 101,73 juta hektare hutan dan lahan rusak, diantaranya seluas 59,62 juta hektare berada dalam kawasan hutan.

 
Deforestasi di Indragiri Hulu, Riau, Sumatera.


Deforestasi dekat Taman Nasional Bukit Tiga Puluh.

Preventif (pencegahan)
  • Menyediakan hutan lindung
Kuratif (penyembuhan)
  • Menangkap pihak yang tidak bertanggung jawab yang merusak hutan dan mengadilinya.
Rehabilitatif (perbaikan)
  • Reboisasi
Promotif (membuat yang sudah baik menjadi lebih baik)
  • Memperketat pengawasan terhadap hutan yang rentan dirusakan.
  • Memperberat hukuman kepada pembalak liar
  • Ada alokasi hutan yang digunakan khusus untuk bisnis, seperti pabrik kertas, pabrik perabotan dari kayu jati, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar